Kamis, 03 September 2015

SD Juara Cilegon Perkenalkan Metode Qiroati kepada Siswa

Bu Yani sedang mengajarkan siswa membaca Al-Qur'an metode "Qiroati"
Pada hari Senin (31/08) pagi, anak-anak kelas 1 SD Juara Cilegon terlihat semangat mengikuti pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an. Yani Herdiani, tutor Qiroati menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap hari, dimulai dengan membaca do'a dan Al-Matsurat bersama-sama. Setelah membaca do'a bersama-sama siswa diminta untuk mengikuti apa yang diucapkan oleh Guru sambil melihat tulisan di papan tulis. 

"Siswa diajarkan mengenai cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan tepat sesuai metode Qiraati. Setelah membaca bersama-sama kemudian anak-anak membaca sendiri-sendiri secara bergantian. Apabila siswa sudah lancar dan tepat melafalkannya, maka siswa dapat lanjut ke halaman berikutnya", paparnya. 

Beliau juga menyebutkan bahwa bagi anak-anak yang belum lancar melafalkan huruf hijaiyah tersebut dengan benar, maka anak tersebut akan mengulang pada pertemuan yang akan datang. Selain itu, Susanto selaku kepala sekolah SD Juara Cilegon memprogramkan seluruh SDM sekolah harus mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan metode Qiro'ati dengan cara mengadakan pelatihan Qiroati.

0 komentar