Minggu, 06 November 2016

Laporan Kegiatan Wisata Edukasi Peternakan Kambing Yayasan Al-Insan Cilegon


Oleh: Aini Nabila (AJ Korwil Cilegon)

Pada hari Minggu, tanggal 06 November 2016 kami teman-teman anak binaan RZ berwisata ke tempat peternakan kambing, tepatnya di Yayasan Al-Insan yang terletak di kampung kerotek Kel. Kalitimbang Kec. Cibeber. Untuk dapat menuju peternakan tersebut, kami menaiki mobil angkot untuk segera tiba di sana.

Sesampainya disana, kami dibimbing dengan pembacaan tilawah supaya kami dapat mudah menerima ilmu. Setelah itu, kami berjalan untuk menuju ke tempat peternakan kambing. Disana ada ka Sahidin. 

Ka Sahidin yang lebih akrab dipanggil Ka Idin ini menjelaskan kepada kami cara-cara merawat kambing dengan baik. Kambing-kambing di Al-Insan disebut kambing etawa berasal dari persilangan antara kambing kacang dan kambing etawa. Ada juga kambing Sanduro, ciri-cirinya yaitu berbulu putih dan tidak bertanduk. Di sana kami memberi makanan kepada kambing-kambing. Makanan kambing tidak hanya rumput, tetapi makanan berupa ampas tahu.

Salah satu dari sekian banyak manfaat hasil peternakan kambing adalah susunya. Manfaat susu kambing etawa antara lain, dapat mengatasi penyakit asma, asam urat, tipus, dan dapat bermanfaat untuk kecantikan. Jangka waktu memeras susu kambing yaitu setelah melahirkan. Masa kehamilan kambing dihitung hingga 6-7 bulan. Setelah itu, kami pun berfoto bersama di halaman peternakan kambing. Selanjutnya kami pun bergegas untuk kembali ke tempat istirahat dan kami semua makan siang bersama di sana.

0 komentar