Rabu, 12 September 2018

Dakwah Bil Hikmah




Rambu-rambu pembinaan
·         Kesetaraan anak juara dalam usia dan jenis kelamin
·         Kesetaraan anak juara dalam kondisi mental dan emosinya
·         Kesetaraan anak juara dalam ilmu dan wawasan
·         Kedekatan jarak tempat tinggal anak juara

Dakwah Bil Hikmah

Perhatian Terhadap Tingkat Pemikiran

Suatu pengajaran yang tidak memperhatikan tingkat pemikiran pelajar dalam tahap-tahap pengajaran, perpindahan bagian-bagian ilmu dari yang umum menjadi lebih khusus; atau tidak memperhatikan pertumbuhan aspek-aspek kepribadian yang bersifat intelektual, rohani dan jasmani – tidak akan memberi hasil ilmu pengetahuan kepada umat, selain hanya menambah kebekuan dan kemunduran.

Bertahap

Al Quran memberikan qudwah bahwa perubahan manusia harus secara bertahap dan dengan cara yang bijaksana. Al Quran pun mengharamkan riba dan khamr secara bertahap.

Memanfaatkan pergantian waktu/peristiwa

Pergantian waktu dan peristiwa adalah momentum. Pergunakanlah momentum yang tepat untuk menyampaikan materi yang tepat. Sebagian ayat dari Al Quran juga diturunkan pada saat momentum yang tepat sehingga lebih mengena di hati sahabat.

Diriwayatkan dari Ibn Mas’ud: Muhammad SAW, memilih waktu yang tepat untuk berkhutbah sehingga kami tidak merasa bosan. (Nabi SAW tidak mengganggu kami dengan melibatkan kami dalam pembicaraan agama dan ilmu pengetahuan terus menerus sepanjang waktu. H.R. Bukhari

Pemberian ilmu oleh ahlinya

0 komentar