Selasa, 11 September 2018

Mentoring : Bukti Kekuasaan Allah



CILEGON , Ahad (02/09) - Anak juara (anak binaan Rumah Zakat) Cilegon desa berdaya Gerogol_Kotasari melaksanakan kegiatan pembinaan pertama di Masjid Ar-Rohmah Arga Bajapura.
Hadir sekitar 26 anak lintas jenjang mengikuti serangkaian kegiatan pembinaan yang dimulai sejak pukul 16.00 s/d 17.30 itu.

Para anak juara sangat antusias sekali mngikuti kegiatan tersebut  terlebih ketika membahas tentang macam-macam bukti kekuasaan Allah salah satunya adalah adanya Gempa bumi.

Lailatul Dzikriyah, Korwil Gerogol_Kotasari menjelaskan bahwa salah satu bukti kekuasaan Allah adalah Gempa bumi yang melanda. “salah satu bukti kekuasaan Allah yaitu adanya peristiwa gempa bumi” katanya.
Namun menurutnya bahwa ada 2 cara pandangan orang menilai bencana yang sering terjadi, yaitu:

Pertama, cara pandang orang2 kafir, orang2 yang ingkar pada Allah dan Rasul-Nya.
Manusia semacam ini adalah manusia yang tidak pernah mau dan tidak mampu menjadikan berbagai peristiwa alam tersebut sebagai pelajaran dan sebagai bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Mereka bukannya introspeksi diri dan kembali kepada Allah, melaikan semakin bertambah kesombongan dan pembangkangan mereka pada Allah dan Rasul-Nya. Hal seperti ini dijelaskan Allah dalam Al-Qur’an, di antaranya dalam surah Al Mu’min {40} : 21)

Kedua, cara pandang orang-orang beriman kepada Allah dan para Rasulnya. Apa saja peristiwa alam yang terjadi mereka kembalikan semuanya kepada kehendak dan kekusaan Allah, mereka hadapi dengan hati yang penuh iman, tawakakal, sabar dan tabah serta mereka lihat sebagai sebuah ujian dan musibah untuk menguji kualitas keimanan dan kesabaran mereka, atau bisa juga sebagai teguran Allah atas kelalaian dan dosa yang mereka lakukan.

Selain itu, semua peristiwa yang menimpa manusai mereka jadikan sebagai momentum terbaik untuk mengoreksi diri (taubat) agar lebih dekat kepada Allah dan pada saat yang sama merekapun meninggalkan larangan2 Allah dan Rasul-Nya.

0 komentar