Rabu, 03 Oktober 2018

Cara Mengetahui Berita Hoax atau Fakta


Maraknya peredaran hoax alias berita palsu, tak lepas dari foto atau video yang diviralkan menjadi daya tarik utama. Selain konten yang perlu dikaji ulang, foto pun harus ditelisik kembali agar mencegah peredaran kabar palsu berlarut-larut.

Dalil-dalil telah memperingatkan terlarangnya dusta dengan berbagai macam modelnya, diantaranya adalah ikut menyebarkan isu padahal telah diketahui tidak benarnya isu tersebut, atau ikut menyebarkan berita yang dibangun diatas dugaan dan tebakan/ramalan. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ (١١٩)

Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar. (QS At-Taubah : 119)

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ;

وإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار
“Dan sesungguhnya kedustaan mengantarkan kepada perbuatan fujur dan perbuatan fujur mengantarkan kepada neraka” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sobat Pejuang, penyebaran berita-berita tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu terlarang dalam syari’at Islam, serta dibenci menurut tabi’at dan tradisi kita.

Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

“Cukuplah seseorang telah berdosa jika menyampaikan seluruh yang ia dengar”

Untuk mengantisipasi hal ini, ada cara mudah agar kita tidak terjebak dengan berita hoax yang merugikan kita dan orang lain.

Sobat hanya perlu memanfaatkan tool milik Google, yaitu Google Images. Seperti apa langkah-langkahnya?

Pertama-tama, buka laman Google Images atau juga bisa beranjak ke https://images.google.com/
Sebelumnya simpan dulu photo yang akan Sobat verifikasi, kemudian drag footo tadi kekolom pencarian laman Google Images, beberapa saat kemudian Sobat akan melihat detail tentang foto tersebut, seperti size image, web apa yang pertama kali mengungah foto tersebut, biasanya akan muncul di posisi pencarian paling atas. Tugas kita selanjutnya adalah cari tahu apakah situs web yang menyebarkan gambar itu kredibel atau tidak?.

Contoh, kita akan verifikasi gambar dibawah ini, 
  1. Dimanakah lokasi foto?
  2. Website mana yang pertama kali mengunggah foto tersebut?




1. Silahkan buka google image


2. Drag foto yang mau diverifikasi 


3. Lihat hasilnya


Dari hasil verifikasi bahwa gambar / foto diatas tempat kejadiannya di Cilegon dan website yang pertama kali mengunggah adalah www.rzcilegon.com

Kesimpulannya gambar/foto tersebut adalah Fakta alias bukan hoax.

0 komentar